Tinjauan OPEC+, Ada Surplus Pasokan 400 Ribu Bph di 2022

Komite teknis bersama Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutu produsennya dilaporkan memperkirakan surplus pasokan 400.000 barel per hari untuk 2022, demikian menurut Commerzbank, mengutip laporan Reuters pada hari Jumat (02/09/2022). Kelebihan pasokan sebelumnya diperkirakan naik 500.000 bph. Komite juga memperkirakan defisit pasokan sebesar 300.000 bph pada tahun 2023, koreksi penurunan lain yang cukup besar karena perkiraan sebelumnya adalah surplus pasokan sebesar 900.000 bph, menurut catatan bank tersebut.

Dilakukan penyesuaian terkait dengan asumsi yang lebih rendah tentang pasokan minyak, dengan komite memperhitungkan volume produksi yang lebih rendah dari beberapa negara OPEC, kata Commerzbank. Penilaian pasar yang lebih ketat ini tidak memberikan ruang untuk pengurangan produksi yang baru-baru ini disebutkan oleh Arab Saudi, jelas mereka.

OPEC+, demikian mereka disebut, perlu tetap bersatu untuk mempertahankan tingkat harga yang tinggi pada saat hambatan ekonomi makro mengancam untuk menggagalkan pertumbuhan permintaan, menurut Pusat SIPA dari Universitas Columbia tentang Kebijakan Energi Global (GCEP) di hari Kamis.

Hubungan antara Rusia dan OPEC+ lainnya kemungkinan akan diprioritaskan karena sangat penting untuk kohesi kelompok, kata CGEP. Pada sisi negatifnya, jika pertumbuhan permintaan mulai melemah dan volatilitas pasar tetap ada, menjaga kesatuan dalam grup akan menjadi tujuan strategis utama, jelas CGEP.

Tetapi pada sisi positifnya, jika pertumbuhan permintaan tetap kuat, fokus akan kembali ke kapasitas produksi dan grup harus melihat bagaimana ia dapat mengkomunikasikan ketidakmampuannya untuk meningkatkan output sambil mempertahankan kredibilitas target produksinya, ujar CGEP. Untuk menjaga kredibilitas grup meskipun anggota tidak dapat memenuhi target produksi, OPEC+ kemungkinan akan menolak menaikkan target ini secara signifikan bahkan jika pasar menuntut lebih banyak barel, pungkas CGEP.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.