Reli Emas Masih Nyata Atau Tinggal Impian

JAVAFX – Tahun ini telah terbukti menjadi ajang spekulasi emas dan impian investor setelah logam mulia ini reli dengan keras untuk mencapai posisi harga tertinggi sepanjang sejarahnya berkat badai pandemi global yang sempurna, paket stimulus pemerintah besar-besaran, melemahnya dolar, dan berakhirnya kenaikan pasar saham akibat kehilangan daya dorongnya. Reli mewakili keuntungan paling tajam yang telah dikumpulkan logam dalam lebih dari satu dekade. Para Hedge fund di Wall Street sangat yakin bahwa emas masih bullish, dengan beberapa target harga yang mengincar $ 3.000 dan bahkan sampai $ 5.000 per troy ons.

Singkatnya, Bank of America Merrill Lynch mengatakan bahwa mereka memperkirakan emas akan mencapai $ 3.000 pada awal 2022 sementara Citigroup dan miliarder Thomas Kaplan, pendiri perusahaan manajemen aset yang berbasis di New York, Electrum Group, percaya bahwa $ 5.000 berada di posisi yang sulit.

Tapi sekarang ada bukti yang berkembang bahwa reli emas sulit dilakukan untuk saat ini, dan target tinggi tersebut akan tetap berada di luar jangkauan emas. Harga emas telah mundur 13% setelah menyentuh level tertinggi sepanjang masa di $ 2.075 pada bulan Agustus, karena rentetan kandidat vaksin Covid-19 yang potensial terus memberikan harapan dunia bahwa yang terburuk bisa terjadi di kaca spion.

Optimisme soal vaksin Covid-19, setidaknya telah dikabarkan ada dua vaksin berhasil menandai titik balik utama dalam pertempuran melawan salah satu krisis eksistensial terbesar umat manusia. Dua minggu lalu, Pfizer dan BioNTech melaporkan bahwa kandidat vaksin COVID-19 berbasis mRNA gabungan mereka, BNT162b2, telah menunjukkan kemanjuran hampir 95% dalam mencegah infeksi Covid-19 pada ~ 44.000 pasien uji. Beberapa hari yang lalu, perusahaan mengonfirmasi angka-angka itu dalam analisis akhir mereka, termasuk 94% efektif pada mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Kabar baik ini datang dengan peringatan kecil bahwa vaksin Pfizer membutuhkan suhu yang jauh lebih dingin dari -94 derajat Fahrenheit (-70 ° C) dan hingga -109 derajat Fahrenheit untuk pengiriman agar vaksin tetap dapat bertahan, yang dapat menimbulkan tantangan besar di beberapa lokasi.

Jadi berita bahwa kandidat vaksin Covid-19 Moderna, mRNA-1273, telah menunjukkan kemanjuran yang serupa dengan vaksin Pfizer tetapi tetap stabil pada suhu yang lebih dapat diatur dari 2 ° hingga 8 ° C (36 ° hingga 46 ° F), atau pengoperasian yang kurang lebih sama suhu lemari es standar rumah atau medis, selama setidaknya sebulan, jelas merupakan berita bagus.

Hal yang lebih menggembirakan adalah Moderna telah melaporkan bahwa vaksin Covid-19 akan berharga $ 25 dan $ 37 per dosis tergantung pada jumlah yang dipesan, kira-kira sama dengan suntikan flu biasa yang harganya $ 10 dan $ 50.

Berita yang lebih menggembirakan: UE kemungkinan akan mempercepat persetujuan untuk vaksin Pfizer dan Moderna, yang berarti mereka dapat memasuki distribusi utama di yurisdiksinya dalam hitungan minggu. Eropa mengalami gelombang Covid-19 terbesar kedua dengan Jerman, Polandia, Prancis, dan Spanyol kembali melakukan lockdown dalam upaya untuk membendung penyebaran virus mematikan tersebut.

Sedangkan vaksin Pfizer dan Moderna didasarkan pada teknologi Messenger RNA, yang tidak hanya lebih cepat untuk diproduksi dan dikembangkan tetapi juga sangat cocok untuk adaptasi yang cepat.

Sayangnya, messenger RNA, atau mRNA, juga rumit, membutuhkan penyimpanan dingin yang hati-hati dan penanganan yang mempersulit distribusi.

AstraZeneca dan Universitas Oxford juga telah melaporkan bahwa vaksin mereka 62-90% efektif tergantung pada dosisnya, tetapi lebih murah daripada vaksin Pfizer atau Moderna dan juga dapat disimpan pada suhu yang lebih tinggi sehingga lebih mudah diakses oleh negara berpenghasilan rendah. Kandidat AstraZeneca adalah platform vektor adenovirus yang memberi orang virus yang tidak aktif untuk merangsang respons kekebalan sehingga lebih stabil daripada vaksin “berbasis mRNA” Pfizer dan Moderna.

CureVac’s mengatakan vaksin CVnCoV-nya stabil selama tiga bulan pada suhu +5 Celcius, atau suhu lemari es standar. Vaksin tetap stabil hingga suhu ruangan siap pakai selama 24 jam.

Sanofi dan GlaxoSmithKline telah mengumumkan bahwa vaksin protein rekombinan dua dosis mereka dapat disimpan antara 2 ° C-8 ° C.

Johnson & Johnson juga memiliki vaksin Covid-19, yang jika berhasil, dapat stabil pada suhu lemari es 2 ° C – 8 ° C selama setidaknya tiga bulan dan hingga dua tahun pada suhu -20 ° C.

Singkatnya, tampaknya tidak ada kekurangan kandidat vaksin Covid-19 yang berpotensi lebih stabil daripada vaksin Pfizer / BioNTech.

Harga emas yang harus diperhatikan: $ 1.800

Dengan momentum emas jangka pendek yang secara meyakinkan condong ke sisi bawah, Kepala Strategi Pasar Pedagang Teknis Chris Vermeulen telah menyarankan pedagang untuk mengawasi tingkat harga penting $ 1.800. Level support ini dapat diuji sebelum upleg besar berikutnya, tetapi juga dapat membuka pintu air untuk emas turun serendah $ 1.600 jika gagal bertahan.

Dengan harga emas saat ini melayang sedikit di atas level support kritis ini, kenaikkan akan berharap bahwa segala sesuatunya tidak berantakan sepenuhnya.

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Penjualan Ritel Inggris Tumbuh Lebih Lemah Dari Perkiraan, GBP Terpangkas

Penjualan ritel Inggris tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada bulan Desember, hal ini menandai akhir tahun yang buruk, sementara utang public naik ke...

Pemerintahan Biden pertimbangkan fokus pada kebijakan persaingan

Pemerintahan Presiden terpilih AS Joe Biden mendatang sedang mempertimbangkan untuk menciptakan jabatan di Gedung Putih yang berfokus pada kebijakan persaingan dan masalah yang berkaitan...

Panel peninjauan sebut pandemi dapat menjadi momen Chernobyl bagi WHO

Pandemi COVID-19 dapat menjadi katalis untuk reformasi yang sangat dibutuhkan dalam Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti bencana nuklir Chernobyl pada tahun 1986 yang mendesak...

Fokus Pasar Minggu Ini : Pertemuan Fed Januari Dan Data GDP AS

JAVAFX  -  Dolar index turun pada perdagangan minggu lalu dan ini penurunan mingguan pertama di bulan Januari 2021. Dollar index ditutup di posisi 90,160...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502