Safe Haven Emas Bisa Muncul Ketika Geopolitik Korea Menghangat

0
4754

JAVAFX – Analisa fundamental di hari Senin(6/11/2017), safe haven emas bisa muncul pada perdagangan hari ini ketik geopolitik Korea menghangat lagi sehingga peluang beli emas bisa muncul dan nampaknya emas masih bisa mendekati level psikologisnya di $1300 pertroy ounce meskipun bayang-bayang data tenaga kerja AS yang baik di akhir pekan lalu.

BACAHarga Emas Tergelincir Data AS

Seperti kita ketahui kurang membaiknya data nonfarm payroll dan perubahan upah AS pekan lalu yang diimbangi oleh membaiknya tingkat pengangguran dan order pabrikan AS, membuat greenback sedikit berani menekan mata uang utama dunia lainnya serta emas, sehingga hal ini mengakibatkan harga emas kontrak Desember di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex ditutup melemah $8,90 atau 0,70% di level $1278,10 pertroy ounce. Untuk perdagangan mingguan, emas bergerak melemah 0,2%.

Gambaran tenaga kerja AS memang diyakini tidak akan merubah peta kekuatan ancaman greenback terhadal pasar yang lain termasuk emas itu sendiri. Kesadaran bahwa inflasi yang masih rendah memang harus tetap dipegang teguh bagi invetsor bahwa kenaikan suku bunga the Fed memang harus berhati-hati dan tidak meniru kenaikan suku bunga Inggris dimana kenaikan suku bunga BoE pekan lalu sepertinya hanya meniru trend bank sentral dunia lainnya dengan bukti bahwa petinggi BoE belum ada rencana menaikkan kembali suku bunganya serta tidak menarik bantuan atau stimulus ekonominya.

Tren pergerakan dolar AS nampaknya pekan ini masih sulituntuk lebih ke arah penguatannya kembali, pasca sedikit menatap terhadap faktor keterpilihan Jerome Powell sebagai penerus Janet Yellen sebagai ketua the Fed yang baru Februari nanti, serta tidak bahagianya sektor tenaga kerja AS bulan lalu, sehingga tren penguatan ini akan diuji lagi bulan depan.

Pasar hari ini alias awal pekan ini lebih condong masih ada pengaruh NFP yang mengarah ke penguatan greenback, namun sisi geopolitik bisa merubah situasi hati investor hari ini secara mendadak.

Kunjungan Presiden Trump ke Jepang dan Korea Selatan membuat investor masih menanti dengan suasana yang ngeri-ngeri sedap, dimana bila Trump keseleo lidah sedikit saja maka Korea Utara bisa menekan tombol untuk meluncurkan senjata rudalnya. Namun seperti diketahui bahwa Trump sendiri sudah mempersiapkan diri untuk menjaga kedaulatannya sehingga bila memanas lagi, maka safe haven commodity akan muncul sejenak. Safe haven merupakan pola investasi yang mencari keamanannya.

Faktor Catalunya yang memanas akibat akan ditangkapnya pemberontakan di Spanyol, dianggap belum usai situasi ketidakamanan zona euro ini, sehingga segala bentuk fundamental ekonomi Eropa masih akan disikapi oleh pasar dengan nada jual euro dan emas sendiri sepertinya akan mengikuti langkah euro ini karena greenback masih menekan euro sendiri.

Sumber berita: Reuters, MarketWatch, Investing, Bloomberg
Sumber gambar: CNN Money