SNB Tahan Suku Bunga, Swiss Franc Anjlok

0
41
Bern, Switzerland - 19 October 2015: the Federal Palace of Switzerland building decorated with flags of Switzerland. The Federal Palace (German: Bundeshaus) is the name of the building in Bern in which the Swiss Federal Assembly (federal parliament) and the Federal Council are housed.

Swiss National Bank (SNB) secara tak terduga mempertahankan suku bunga acuan tetap stabil di 1,75% pada pertemuan 21 September 2023, dengan mengatakan pengetatan kebijakan moneter yang signifikan selama beberapa kuartal terakhir melawan tekanan inflasi yang masih ada.

Hal ini menandai jeda dalam kampanye kenaikan suku bunga yang dimulai pada bulan Juni tahun lalu, dibandingkan dengan perkiraan pasar yang memperkirakan kenaikan sebesar 25bps.

Namun, para pengambil kebijakan menambahkan bahwa tidak dapat dikesampingkan bahwa pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut mungkin diperlukan untuk menjamin stabilitas harga dalam jangka menengah dan akan memantau perkembangan inflasi dengan cermat dalam beberapa bulan mendatang.

Sementara itu, perkiraan inflasi dipertahankan pada angka 2,2% untuk tahun 2023 dan 2024 dan pertumbuhan PDB perekonomian Swiss diperkirakan sekitar 1% tahun ini, sedikit berubah dari perkiraan sebelumnya. Tingkat inflasi tahunan di Swiss tidak berubah sebesar 1,6% pada bulan Agustus, tetap berada pada level terendah sejak Januari 2022 dan perekonomian terhenti di Triwulan ke-2.

Keputusan SNB menahan suku bunga membuat mata uang Swiss Franc (CHF) anjlok. Pasangan mata uang USDCHF bergerak naik tajam dari $0.89899 ke $0.90683 dan masih berpotensi terus naik menuju ke $0.91000.