Suku Bunga ECB Tetap, EURUSD Kembali Menguat

Pada pertemuan hari ini Dewan Pengurus Bank Sentral Eropa (ECB) memutuskan bahwa suku bunga pada operasi refinancing utama dan suku bunga pada fasilitas pinjaman marjinal dan fasilitas deposito akan tetap tidak berubah masing-masing pada 0,00%, 0,25% dan -0,50%. Dewan Pengurus mengharapkan suku bunga utama ECB tetap pada level saat ini atau lebih rendah sampai dapat melihat prospek inflasi menyatu secara kuat ke tingkat yang cukup dekat, tetapi di bawah 2% dalam cakrawala proyeksi, dan konvergensi seperti itu telah secara konsisten tercermin dalam dinamika inflasi yang mendasarinya. Akibat rilis suku bunga ini, EURUSD sempat sedikit melemah dari level 1.1091 ke level 1.1084, namun akhirnya berbalik kembali naik ke level 1.1095.

Gold Trading

Dewan Pengurus Bank Sentral Eropa (ECB) akan terus melakukan pembelian bersih di bawah program pembelian aset (APP) bulanan sebesaR € 20 miliar. Dewan Pengurus Bank Sentral Eropa (ECB) mengharapkan mereka untuk menjalankan program tersebut selama diperlukan untuk memperkuat dampak akomodatif dari tingkat kebijakannya, dan berakhir sesaat sebelum mulai menaikkan suku bunga ECB utama.

Dewan Pengurus Bank Sentral Eropa (ECB) bermaksud untuk terus menginvestasikan kembali secara penuh, pembayaran pokok dari sekuritas yang jatuh tempo yang dibeli di bawah APP untuk periode waktu yang lama melewati tanggal ketika mulai menaikkan suku bunga utama ECB, dan dalam hal apapun selama diperlukan untuk mempertahankan kondisi likuiditas yang menguntungkan dan tingkat akomodasi moneter yang memadai.

Dewan Pengurus Bank Sentral Eropa (ECB) juga memutuskan untuk meluncurkan tinjauan strategi kebijakan moneter ECB. Rincian lebih lanjut tentang ruang lingkup dan jadwal peninjauan akan dipublikasikan dalam siaran pers hari ini. Presiden ECB akan mengomentari pertimbangan yang mendasari keputusan ini pada konferensi pers mulai pukul 20:30 WIB hari ini.