Trump Pertimbangkan Untuk Abaikan Sejumlah Tarif, Yuan Melonjak

JAVAFX – Yuan China melonjak di atas level kunci terhadap dolar AS di tengah harapan Trump mempertimbangkan untuk mengabaikan beberapa tariff. Renmibi melonjak kembali di atas level psikologis kunci 7 terhadap dolar AS pada laporan bahwa Donald Trump dapat setuju untuk menghapus tarif pada Cina dalam fase satu kesepakatan perdagangan. Ekspektasi pasar untuk penurunan yuan lebih lanjut telah benar-benar menguap, analis mengatakan, di tengah saran kejutan dari kesepakatan perdagangan yang lebih signifikan dari yang diharapkan.

Gold Trading

Lonjakan Yuan pada hari Selasa berusaha mencapai ke level tertinggi terhadap dolar AS sejak Agustus di tengah meningkatnya optimisme bahwa Presiden AS Donald Trump akan setuju untuk menurunkan tarif impor China. Kesepakatan fase satu, yang dapat ditandatangani akhir bulan ini oleh Trump dan Presiden Cina Xi Jinping di lokasi yang belum ditentukan, secara luas diharapkan mencakup janji AS untuk membatalkan tarif yang dijadwalkan 15 Desember dengan harga sekitar US $ 156 impor China senilai miliaran, termasuk ponsel, laptop, dan mainan.

Para pejabat di Beijing menuntut agar Washington mengambil langkah lebih lanjut dan menarik beberapa pungutan yang ada pada barang-barang Tiongkok untuk pertama kalinya sejak dimulainya perang dagang pada Juli 2018, sebuah langkah yang telah ditentang oleh Trump hingga saat ini. Namun, pejabat Gedung Putih sekarang memperdebatkan apakah akan menghapus atau mengurangi pungutan terhadap barang-barang China senilai US $ 112 miliar, termasuk pakaian, peralatan dan monitor layar datar, yang diperkenalkan pada tingkat 15 persen pada 1 September, Financial Times melaporkan mengutip lima sumber tanpa nama.

Sebagai tanggapan, yuan melonjak 0,59 persen menjadi 6,9890, menembus level kunci resistensi 7,00 terhadap dolar, karena para pedagang dan manajer dana menutup posisi bertaruh terhadap kenaikan mata uang yang memicu gelombang perdagangan otomatis yang dibentuk untuk menghindari kerugian. Kenaikan yuan juga menarik mata uang regional lainnya, termasuk won Korea Selatan, dolar Taiwan dan dolar Singapura.

Trump mungkin menggunakan kesepakatan fase satu untuk memastikan pembelian besar-besaran produk pertanian AS oleh China sebagai cara untuk mendapatkan dukungan dari basis pemilihannya di negara-negara pertanian ketika ia akan melakukan pemilihan ulang November mendatang, kata para analis.

Mengingat bahwa dua tahapan kenaikan tarif sebelumnya melihat yuan turun menjadi 7,10 terhadap dolar dari 6,90, ada potensi downside untuk yuan naik menjadi 6,90 lagi jika tarif Oktober dan Desember seluruhnya dihapus. Optimisme di sekitar kesepakatan perdagangan AS-Cina, pendorong apresiasi mata uang, didasarkan pada kenyataan bahwa ekonomi Tiongkok yang sedang sakit dapat melakukan dengan suntikan sendiri di lengan.

Menambah optimisme ini, Xi menegaskan kembali pada hari Selasa janji ekstensif pemerintah untuk terus membuka ekonomi dan pasar Tiongkok dan memperkuat perlindungan hak kekayaan intelektual untuk menarik aliran modal asing. “Pintu China hanya akan terbuka semakin lebar,” kata Xi di China International Import Expo di Shanghai, menyarankan upaya pemerintah tambahan untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi asing. (WK)