Trump Sambut Baik Gencatan Senjata Turki

JAVAFX – Presiden Donald Trump memuji tercapainya gencatan senjata selama lima hari di Suriah utara yang diumumkan oleh Wakil Presiden Mike Pence, meskipun Turki membantah istilah itu dan mengatakan bahwa jeda operasi militer dari Ankara tersebut akan bergantung pada keluarnya pasukan Kurdi dari zona aman. “Ini adalah hasil yang luar biasa,” kata Trump di Texas pada Kamis (17/10/2019).

Sebelumnya, Pence telah mengumumkan bahwa AS dan Turki telah menyetujui gencatan senjata untuk memungkinkan penarikan Kurdi dari zona aman sekitar 20 mil (32 km) ke selatan perbatasan Turki, demikian menurut Associated Press.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa jeda itu bergantung pada pasukan pimpinan Kurdi yang meninggalkan daerah zona aman, pengumpulan senjata berat dan penghancuran benteng, tulis Wall Street Journal.

Pada hari Rabu (16/10/2019), dua pertiga dari Partai Republik bergabung dengan Demokrat dalam pemilihan untuk mengecam keputusan Trump untuk menarik pasukan A.S. dari Suriah timur laut. Trump telah menerima banyak kritik atas apa yang digambarkan oleh anggota parlemen sebagai mengkhianati bangsa Kurdi, yang bertempur bersama pasukan AS melawan ISIS. (WK)

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Kenaikan Terjeda, Harga Emas Nantikan Gerak Dolar dan Yield Obligasi AS

JAVAFX - Kekecewaan pelaku pasar pada hasil angka-aangka Nonfarm Payroll AS pada Jumat lalu dengan tegas mengirim harga emas di atas $ 1800 per...

Biden yakin dapat segera bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap dapat segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan Gedung Putih menyatakan bahwa perbedaan antara AS dan Rusia...

Biden Dorong Rencana Pemulihan Ekonomi untuk Atasi Lambatnya Pertumbuhan Kerja

Presiden Amerika Joe Biden akan bertemu dengan para anggota Senat minggu ini untuk mencari kesamaan dalam rencana pemulihan ekonominya, yang mencakup pengeluaran untuk infrastruktur,...

India Siap Borong Minyak Arab Saudi Kembali

JAVAFX - Menteri Perminyakan India Dharmendra Pradhan pada hari Jumat (07/05/2021) berterima kasih kepada Arab Saudi dan produsen minyak Timur Tengah lainnya karena telah...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502