Trump Sambut Baik Gencatan Senjata Turki

JAVAFX – Presiden Donald Trump memuji tercapainya gencatan senjata selama lima hari di Suriah utara yang diumumkan oleh Wakil Presiden Mike Pence, meskipun Turki membantah istilah itu dan mengatakan bahwa jeda operasi militer dari Ankara tersebut akan bergantung pada keluarnya pasukan Kurdi dari zona aman. “Ini adalah hasil yang luar biasa,” kata Trump di Texas pada Kamis (17/10/2019).

Gold Trading

Sebelumnya, Pence telah mengumumkan bahwa AS dan Turki telah menyetujui gencatan senjata untuk memungkinkan penarikan Kurdi dari zona aman sekitar 20 mil (32 km) ke selatan perbatasan Turki, demikian menurut Associated Press.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa jeda itu bergantung pada pasukan pimpinan Kurdi yang meninggalkan daerah zona aman, pengumpulan senjata berat dan penghancuran benteng, tulis Wall Street Journal.

Pada hari Rabu (16/10/2019), dua pertiga dari Partai Republik bergabung dengan Demokrat dalam pemilihan untuk mengecam keputusan Trump untuk menarik pasukan A.S. dari Suriah timur laut. Trump telah menerima banyak kritik atas apa yang digambarkan oleh anggota parlemen sebagai mengkhianati bangsa Kurdi, yang bertempur bersama pasukan AS melawan ISIS. (WK)