Utusan AS Sebut Upaya Kesepakatan Nuklir dengan Iran Berada pada Fase Kritis

Upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran yang digagas pada 2015 berada pada “fase kritis” dan alasan Teheran untuk menghindari pembicaraan tersebut semakin tidak meyakinkan, demikian keterangan yang disampaikan oleh seorang pejabat AS pada Senin (25/10).

Menurutnya upaya meningkatkan hubungan diplomasi antara Amerika Serikat (AS) dan Iran terus berlanjut bahkan jika kesepakatan itu tidak dapat dihidupkan kembali.

Utusan Khusus AS untuk Iran Robert Malley mengatakan kepada para wartawan bahwa Washington semakin khawatir bahwa Teheran akan terus menunda kembalinya pembicaraan itu.

Tetapi Washington memiliki sarana lain untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir dan akan menggunakannya jika perlu.

“Kami berada pada fase kritis dari upaya untuk melihat apakah kami dapat menghidupkan kembali JCPOA,” kata Malley, merujuk pada kesepakatan yang secara resmi disebut Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (Joint Comprehensive Plan of Action).

“Kami telah mengalami kemandekan selama berbulan-bulan, dan alasan resmi yang diberikan oleh Iran mengapa kami dalam keadaan demikian sangat sulit diterima.” Sambil mengatakan bahwa jendela bagi Amerika Serikat dan Iran untuk melanjutkan kepatuhan terhadap perjanjian pada akhirnya akan ditutup, Malley mengatakan Amerika Serikat masih bersedia untuk terlibat dalam hubungan diplomasi dengan Iran bahkan selagi mempertimbangkan opsi lain untuk mencegah Teheran membuat bom nuklir.

Dia juga mengisyaratkan keuntungan ekonomi yang mungkin mengalir dari kembalinya Iran ke dalam perjanjian tersebut, yang mencanangkan agar Teheran mengambil langkah-langkah untuk membatasi program nuklirnya sebagai imbalan atas pelonggaran sanksi ekonomi yang diberikan oleh AS, Uni Eropa dan PBB.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.