Warga Tunisia berunjuk rasa protes harga pangan melambung tinggi

Ratusan warga Tunisia berunjuk rasa di Tunis, ibukota Tunisia karena harga pangan yang melambung tinggi serta kelangkaan sejumlah bahan makanan.

Aksi demonstrasi tersebut memberikan tekanan pada pemerintahan Kais Saied di tengah krisis ekonomi dan politik yang melanda negeri itu.

Saat ini, Tunisia sedang berjuang untuk menghidupkan kembali sektor keuangan ketika ketidakpuasan tumbuh atas inflasi yang mencapai hampir 9 persen.

Sejumlah bahan makanan juga mengalami kelangkaan karena negara itu tidak mampu membayar impor bahan makanan.

Negara Afrika Utara itu juga sedang mengalami krisis politik sejak Saied mengambil alih kekuasaan eksekutif tahun lalu.

Ia membubarkan parlemen dan langkah itu dinilai sebagai kudeta oleh oposisi.

Pada Minggu (25/9) di distrik kumuh Douar Hicher di Ibukota Tunis, beberapa pengunjuk rasa mengangkat roti ke udara.

Beberapa orang berteriak “Di mana Kais Saeid?”.

Pemuda yang marah membakar ban.

Para pengunjuk rasa meneriakkan “Pekerjaan, kebebasan, dan martabat nasional,” “Kami tidak dapat mendukung kenaikan harga yang melambung tinggi”, “Di mana gula?”.

Kelangkaan pangan semakin buruk di Tunisia, rak-rak pasar swalayan dan toko roti kosong.

Situasi tersebut menambah ketidakpuasan di antara warga Tunisia yang menghabiskan waktu berjam-jam mencari gula, susu, mentega, minyak sayur dan beras.

Video yang tersebar di media sosial menunjukkan puluhan konsumen berdesak-desakan untuk mendapatkan satu kilogram gula di pasar.

Tunisia yang sedang mengalami krisis keuangan terburuk sedang berusaha mendapatkan pinjaman dari Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mencegah keuangan publik hancur.

Bulan ini untuk pertama kalinya dalam 12 tahun, pemerintah menaikan harga gas tabung hingga 14 persen.

Pemerintah juga menaikkan harga bahan bakar untuk keempat kalinya tahun ini sebagai bagian dari rencana untuk mengurangi subsidi energi, kebijakan yang didukung IMF.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.