Warren Buffett Tahan Diri, Pelaku Pasar Berhati-Hati

Di awal bulan ini, pasar sempat bergairah melihat aksi Warren Buffett melalui perusahaan investasinya, Berkshire Hathaway melakukan deal raksasa dengan membeli aset transmisi dan penyimpanan gas Dominion Energy sebesar US$ 9.7 Milyar. Namun saat ini, dia cenderung menahan diri untuk masuk pasar karena banyak orang yang tinggal di rumah akibat Covid-19 ini dan bermain saham. Ia menganggap pemain amatiran ini membuat pasar tidak sehat karena banyak yang berspekulasi dan membeli perusahaan-perusahaan yang bermasalah / tertekan.

Buffet menganggap kenaikan pasar yang terjadi (BOOM) saat ini mirip dengan gelembung dotcom yang terjadi di tahun 2000 di mana banyak investor yang fokus kepada apa yang akan di bayarkan orang berikutnya di bandingkan apa yang akan di hasilkan oleh Asset. Di perkirakan reli saham kali ini akan hancur ketika dampak dari pandemi ini di ketahui. Buffet membeli Dominion Energy karena Buffet memiliki arah untuk membeli saham-saham yang sektornya di atur pemerintah dan fokus juga kepada saham-saham yang memiliki pertumbuhan berkelanjutan.

Gold Trading

Apabila para pelaku pasar banyak menahan diri, maka hal ini juga akan merembet ke pasar keuangan dan juga emas. Kemarin Gold sempat alami kenaikan ke level 1813.22 dan berbalik kembali ke level 1795.66. Dolar indeks sempat turun ke level 96.19 lalu kembali naik ke level 96.47. Bisa di bilang, sejak di bukanya harga sampai penutupannya, harga cenderung kembali mendekati pembukaannya pada saat penutupan.