Argentina Akan Naikkan Harga Minyak Dalam Negeri

JAVAFX – Argentina berencana mengeluarkan keputusan yang menetapkan harga minyak lokal yang lebih tinggi untuk melindungi industri dalam negeri dari kehancuran lebih lanjut oleh jatuhnya harga global dan merosotnya permintaan bahan bakar karena pandemi coronavirus, demikian menurut dua sumber yang dikutip oleh Reuters pada Kamis (23/04/2020).

Harga minyak yang ditetapkan secara lokal, yang dikenal sebagai “criollo barrel” dan digunakan sebelumnya untuk mengimbangi perubahan harga global, akan terjadi ketika permintaan minyak telah runtuh di seluruh dunia dan di dalam negeri di Argentina karena penguncian nasional yang diberlakukan pada pertengahan Maret.

Di Argentina seperti di negara-negara lain selama pandemi, ekonomi yang lebih lambat telah memangkas permintaan bahan bakar. Pabrik penyulingan tidak membeli semua minyak mentah yang diproduksi, dan ruang penyimpanan semakin langka menekan harga bahkan lebih.

Salah satu orang, seorang pejabat industri senior dengan pengetahuan tentang rencana pemerintah, mengatakan pengumuman di sekitar barel “criollo” kemungkinan akan dirilis minggu depan, untuk membantu “meletakkan lantai di bawah kejatuhan yang curam.” Dia menambahkan, keputusan resmi itu belum selesai.

Kedua sumber menolak disebutkan namanya karena rencana itu masih pribadi dan sedang dibahas.

Argentina adalah rumah bagi deposit serpihan besar Vaca Muerta, seukuran Belgia. Diperkirakan memiliki salah satu cadangan hidrokarbon tidak konvensional terbesar di dunia. Argentina biasanya menghasilkan sekitar 500.000 barel minyak per hari, dan dengan peningkatan yang cepat di Vaca Muerta telah mengurangi ketergantungan pada impor. Negara ini menargetkan surplus energi pada tahun 2020.

Harga minyak global telah jatuh ke posisi terendah dua dekade. Pada hari Senin, minyak mentah berjangka AS CLc1 benar-benar jatuh ke wilayah negatif. Harga rendah menekan produsen, terutama yang mengembangkan cadangan serpih yang lebih mahal.

“Satu tong criollo sangat penting dan untuk menjaga harga di pompa. Kalau tidak (penyuling) membeli minyak mentah dengan harga $ 20 dan menjualnya dengan harga $ 50, seperti sekarang ini, ”kata sumber kedua, seorang eksekutif industri minyak di Argentina.

Kementerian produksi Argentina, yang mengawasi sekretariat energi, tidak menanggapi permintaan komentar. Negara Amerika Selatan sebelumnya menetapkan harga minyak hingga sekitar 2016 untuk melindungi perusahaan lokal dari harga yang berfluktuasi.

Pandemi telah memalu produsen di Vaca Muerta – Spanyol menjadi  “Dead Cow” sebagaimana yang diharapkan Argentina akan menghasilkan pendapatan ekspor utama untuk membantu negara itu keluar dari resesi karena berupaya merestrukturisasi miliaran dolar dalam bentuk utang.

“Perusahaan di seluruh dunia memangkas anggaran. Vaca Muerta tidak kompetitif dengan Permian Basin atau tempat lain di Amerika Serikat sebelum pasar hancur, ”kata seorang eksekutif di sebuah perusahaan energi A.S. di Argentina. “Jadi, mengapa ada orang yang menghabiskan uang receh di Vaca Muerta sekarang?”

Guillermo Pereyra, sekretaris jenderal Rio Negro, Neuquén, dan Serikat Minyak dan Gas La Pampa di sekitar Vaca Muerta, mengatakan kepada Reuters bahwa sebagian besar pekerja telah dipulangkan ke rumah dan produksinya turun tajam pada bulan April.

Serikat pekerja, yang memiliki 25.000 pekerja, mencapai kesepakatan dengan perusahaan minyak pada hari Kamis untuk menjamin bahwa 20.500 pekerja di rumah akan menerima setidaknya 60% dari upah mereka pada bulan April dan Mei, katanya.

“Pandemi membuat kami melumpuhkan ekonomi, pesawat dan kendaraan berhenti bekerja, pabrik-pabrik tutup dan permintaan turun,” katanya. “Kilang mulai menimbun produk mereka. Pipa tidak bisa memompa lebih banyak karena tidak ada tempat untuk menaruh minyak”. “Vaca Muerta lebih mati dari sebelumnya,” katanya.

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Harga Emas Dalam Tren Naik, Perlu Bertahan Diatas $ 1855

JAVAFX - Penurunan Dolar AS membuat harga emas naik dan sejumlah pasangan mata uang utama dalam perdagangan FX menghabiskan sebagian besar hari dengan melakukan...

Investor Berburu Harga Murah, Emas Rebound

JAVAFX - Harga emas di bursa berjangka dibuka cukup tinggi di awal perdagangan sesi AS pada hari Senin (11/01/2021). Logam Mulia sebagai aset safe-haven...

China Saingi AS sebagai Pemasok Energi Nuklir Terbesar Dunia

Sejumlah pakar menyatakan China bergerak untuk menggantikan Amerika Serikat sebagai pemimpin global dalam produksi dan penjualan pembangkit listrik tenaga nuklir. Ini memberi kesempatan bagi Beijing...

Untuk Kedua Kalinya, DPR AS Makzulkan Trump

DPR AS memulai proses untuk memakzulkan Presiden Donald Trump, yang kedua kalinya sepanjang masa pemerintahannya. Sidang ini dilangsungkan tepat satu minggu setelah para pendukung Trump...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502