China Dan AS Sepakat Kembalikan Tarif Jika Kesepakatan Fase Satu Selesai

JAVAFX – China dan AS telah sepakat untuk menerapkan tarif barang satu sama lain dalam kesepakatan perdagangan “fase satu” jika itu selesai, kata pejabat dari kedua belah pihak pada hari Kamis, memicu perpecahan di antara beberapa penasihat Presiden Donald Trump.

Kementrian Perdagangan Tiongkok, tanpa menetapkan jadwal, mengatakan kedua negara telah sepakat untuk membatalkan tarif secara bertahap. Seorang pejabat AS berbicara dengan syarat anonimitas mengkonfirmasi kemunduran itu akan menjadi bagian dari fase pertama dari perjanjian perdagangan yang masih ditandatangani untuk ditandatangani oleh Trump dan Xi Jinping.

Gold Trading

Juru bicara Gedung Putih Stephanie Grisham mengatakan kepada Fox News Channel bahwa AS “sangat sangat optimis” tentang menyelesaikan kesepakatan yang akan meredakan perang dagang 16 bulan antara AS dan China.

Namun penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Fox Business Network: “Tidak ada kesepakatan saat ini untuk menghapus tarif yang ada sebagai syarat kesepakatan fase satu.” “Mereka hanya bernegosiasi di depan umum, mencoba mendorong ini ke suatu arah,” kata Navarro tentang laporan yang katanya dikeluarkan oleh “pers propaganda Tiongkok.”

Para ahli memperingatkan perjanjian itu masih bisa berantakan. Pejabat AS mengatakan banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan ketika Trump mengumumkan garis besar kesepakatan sementara bulan lalu.

Trump telah menggunakan tarif miliaran dolar barang-barang Cina sebagai senjata utamanya dalam perang dagang yang berkepanjangan. Prospek untuk mengangkat mereka, bahkan secara bertahap, telah menarik tentangan keras dari para penasihat di dalam dan di luar Gedung Putih yang tetap waspada melepaskan aspek kunci dari pengaruh AS.

Saham AS memangkas kenaikan setelah Reuters melaporkan bahwa rencana tersebut menghadapi oposisi internal.

“Tidak ada perjanjian khusus untuk pengembalian bertahap dari tarif,” kata Michael Pillsbury, penasihat luar Trump. “Sisi Amerika telah ambigu kapan dan tarif mana yang akan diangkat. Orang Cina punya angan-angan dan berusaha menenangkan garis keras domestik mereka sehingga tarif suatu hari nanti akan turun. ”

Jika kesepakatan sementara selesai dan ditandatangani, secara luas diperkirakan akan mencakup janji A.S. untuk membatalkan tarif yang dijadwalkan 15 Desember atas impor Cina senilai sekitar $ 156 miliar, termasuk ponsel, komputer laptop, dan mainan.

 

 

 

 

 

 

sumber : reuters