PBB: Listrik yang dihasilkan di pembangkit Zaporizhzhia milik Ukraina

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan bahwa listrik yang dihasilkan di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia adalah milik Ukraina.

“Jelas listrik dari Zaporizhzhia adalah listrik Ukraina dan itu diperlukan terutama selama musim dingin bagi rakyat Ukraina.

Dan prinsip ini harus dihormati sepenuhnya,” kata Guterres di Pelabuhan Odesa, Jumat.

Ukraina menuduh Rusia merencanakan “provokasi skala besar” di pembangkit nuklir besar itu dan mengatakan pasukan Rusia berencana untuk memutuskan fasilitas tersebut dari jaringan listrik Ukraina, dan menghubungkannya dengan Rusia.

Moskow dan Kiev saling menuduh menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa itu.

Pembangkit Zaporizhzhia direbut oleh Rusia pada Maret, tetapi masih dijalankan oleh teknisi Ukraina.

Hanya dua dari enam reaktor di fasilitas itu yang masih bekerja.

Ketika ditanya tentang rencana Rusia untuk mengalihkan listrik ke jaringan listrik Rusia, Guterres mengatakan kepada wartawan bahwa pembangkit listrik harus didemiliterisasi.

Menurut dia, langkah pengurangan pasukan dan senjata militer di fasilitas tersebut akan dapat menyelesaikan masalah.

Ukraina bersiap menghadapi musim dingin yang paling sulit dalam lebih dari 30 tahun kemerdekaan, dan bersiap untuk kemungkinan kekurangan energi yang akan diperburuk oleh pemutusan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Pejabat bantuan internasional telah menyuarakan keprihatinan bahwa langkah Rusia mengambil alih pembangkit nuklir Zaporizhzhia dapat memicu lebih banyak kesulitan di bagian timur Ukraina, khususnya, dan mendorong lebih banyak orang untuk melarikan diri ke luar negeri.

Rusia sendiri menuduh Ukraina merencanakan “provokasi” di pembangkit nuklir yang luas itu.Api berkobar di gardu kereta api Krasne yang dirudal Rusia

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.