Perdagangan Emas: Tiga Tips Utama Perdagangan Emas

Tip Perdagangan Emas

Beberapa pasar di dunia ini memiliki daya pikat dan daya tarik historis seperti Emas. Sementara trader saat ini memiliki banyak opsi perdagangan, dalam sejumlah mata uang atau kelas aset atau geografi yang berbeda, Emas telah menjadi penyimpan nilai lama yang menarik minat spekulan selama manusia telah memperdagangkannya satu sama lain.

Sebelumnya di bahas beberapa dasar seputar perdagangan Emas di artikel Apa itu Emas. Dan juga pada artikel ‘Bagaimana Berdagang Emas’. Namun, dalam artikel ini, akan dibahas sedikit lebih terperinci saat kami menyelidiki Strategi, Tip, dan Taktik Perdagangan Emas.

Tips Perdagangan Emas

Mungkin salah satu aspek Emas yang lebih jelas, terutama dalam jangka panjang, adalah sensitivitas siklus yang sering muncul di sekitar logam – dan ini bukanlah fenomena baru. Karena pasar itu sendiri bersifat siklus, emas sering berpindah ke jenis nada yang serupa, meskipun waktu dapat dibedakan dari pasar lain pada saat itu. Melihat harga emas selama 45 tahun terakhir, dan ini menjadi sedikit lebih jelas. Pada bagan di bawah ini, tren dan rentang telah diidentifikasi oleh kotak biru atau abu-abu, dan itu membawa kita ke tip nomor satu:

Tip Perdagangan Emas #1: Beradaptasi Dengan Kondisi Saat Ini

Poin utama di sini adalah pentingnya adaptasi: Karena jika seorang trader tren memperdagangkan Emas dengan pendekatan tipikal mereka sementara pasar emas berada dalam kisarannya, ada kemungkinan besar mereka dapat melihat hasil yang tidak menguntungkan. Jika pasar emas dalam kondisi mean-reversion dan range-bound, trader kemungkinan besar ingin mendekati masalah tersebut dengan pendekatan berbasis jangkauan. Namun, ketika pasar emas sedang tren, seperti kasus 2001-2011 atau 1976-1980, maka para trader akan ingin memanfaatkan strategi tren untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

Grafik Bulanan Berjangka Emas

Tip Perdagangan Emas #2: Perhatikan Dolar As

Dolar AS diperdagangkan di sejumlah pasar, tetapi di tempat-tempat terbesar, emas diperdagangkan dalam Dolar AS. Faktanya, satu persamaan umum pada platform CFD menampilkan kutipan harga Emas sebagai ‘XAU/USD.’ Simbol kimia untuk Emas pada tabel periodik elemen adalah ‘AU’ dan penyebut dalam kutipan tersebut adalah Dolar AS, menyoroti bagaimana harga Emas dalam Dolar AS.

Ini juga berarti bahwa, semua faktor dianggap sama, dan jika Emas tidak bergerak sama sekali kecuali Dolar AS meningkat nilainya – harga emas bisa turun. Karena pada fungsi di atas, nilai penyebut atau USD akan bertambah nilainya sehingga menurunkan nilai fungsi secara keseluruhan.

Jadi, mungkin ada kecenderungan emas menampilkan korelasi terbalik dengan Dolar AS. Ini tidak selalu terjadi, ada skenario di mana baik emas dan dolar dapat meningkat nilainya meskipun itu agak jarang, secara historis.

Pada bagan di bawah ini, korelasi tersebut disorot di bagian bawah gambar. Pembacaan atau nilai di atas garis nol menunjukkan korelasi positif yang, sekali lagi, agak jarang tetapi bukan tidak pernah terdengar. Angka di bawah nol menyoroti korelasi terbalik, dengan nilai -1 menyoroti hubungan terbalik sempurna.

Grafik Harga Bulanan Emas: Hubungan Terbalik dengan Dolar AS

Tip Perdagangan Emas # 3: Pahami  Kerangka Waktu Anda

Pada grafik di atas, kami melihat gambaran yang lebih besar di balik harga emas menggunakan variasi bulanan. Tetapi kondisi dan perubahan pasar juga dapat terjadi dalam jangka waktu yang lebih pendek, dan penting bagi trader untuk memiliki beberapa jenis kerangka kerja yang konsisten untuk analisis mereka sehingga mereka dapat menerapkan strategi mereka dengan benar dengan cara yang mereka inginkan.

Seperti yang kita lihat di artikel multi kerangka waktu, trader harus menganalisis pasar dari lebih dari satu titik pandang. Variasi bulanan di atas dapat membantu melihat gambaran yang lebih besar – tetapi untuk benar-benar mengatur perdagangan dan menerapkan strategi, trader cenderung ingin melihat kerangka waktu yang lebih pendek.

Pada grafik di atas, kotak biru di sisi kanan grafik menunjukkan tren yang telah terjadi selama lebih dari dua tahun. Namun, melihat grafik harian jangka pendek di bawah nya untuk mendapatkan gambaran yang lebih terperinci tentang pengeluaran pada dua tahun menunjukkan bahwa harga emas tidak selalu dalam tren sepanjang waktu. Faktanya, jenis hubungan trend-range yang sama muncul dengan sendirinya di dalam tren jangka panjang ini.

Ini sekali lagi penting bagi trader saat menyiapkan strategi karena bagi mereka yang ingin trading dengan tren, menunggu grafik bulanan untuk menyoroti potensi itu mungkin sudah terlambat. Pada bagan bawah, kotak biru itu telah diperluas sehingga kita dapat melihat tren secara lebih terperinci; tapi kali ini, saya telah menambahkan kotak hijau di sekitar tren jangka pendek dan kotak abu-abu di sekitar periode mean-reverting atau range-bound.

Grafik Harga Emas Harian

Strategi Perdagangan Emas

Mungkin yang lebih penting daripada strategi spesifik yang digunakan seseorang untuk menganalisis atau mengatur perdagangan emas adalah ‘kesesuaian’ dengan kondisi pasar tertentu. Misalnya, jika kita melihat gambar di atas dan fokus pada kotak hijau, ketika tren jangka pendek bergerak ke arah tren jangka panjang, trader akan ingin mengikuti pepatah kuno ‘beli di bawah dan jual di atas.’ Namun, di bagian abu-abu, ketika harga ranging, trader ingin buy di bawah dan jual di atas, tetapi mereka ingin melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda; menutup keseluruhan dari posisi panjang saat ‘tinggi’ dan kemudian melihat kemungkinan short untuk memainkan sisi lain dari kisaran tersebut.

Tepat di depan – ini berarti tidak ada trader yang selalu ‘benar’ karena kondisi, mirip dengan tren, akan berubah; dan tidak mungkin untuk mengetahuinya sampai fakta menunjukkannya. Di sinilah item seperti perdagangan dan manajemen risiko ikut bermain, berpotensi membantu mengurangi sisi negatif dalam kasus di mana sesuatu berubah atau bergeser dari harapan mereka.

Menyederhanakan Perilaku Pasar dengan Menetapkan ‘Ketentuan’

Pasar apapun, jika Anda memikirkannya, hanya ada beberapa hal yang mungkin dilakukan oleh harga: Tren atau tidak. Entah harga menjadi tren dalam pergerakan terarah karena beberapa alasan, atau tidak dalam tren sama sekali: Dan keadaan sementara antara pembalian kuat dan penembusan tren, yang secara teknis merupakan kondisi pasar itu sendiri. Jadi, dalam upaya penyederhanaan tersebut, analis dapat memecah kondisi pasar menjadi tiga jenis spesifik:

  1. Tren – pergerakan terarah sedang muncul dan sering kali ada alasan mendasar untuk itu karena trader menawar harga atas lebih tinggi dan harga bawah lebih tinggi (atau posisi sell di posisi bawah yang lebih rendah dan posisi atas lebih rendah).
  2. Range / Mean-Reversion – tanpa pendorong, harga akan sering tidak menampilkan tren, yang dapat membuka pintu untuk strategi range-bound atau mean-reversion.
  3. Breakout – inilah yang terjadi ketika informasi baru berlaku, dan ini dapat membuat pergerakan breakout dari rentang dan ke tren baru. Tren baru itu mungkin berlangsung untuk sementara waktu atau mungkin hanya mendorong aksi harga ke kisaran baru.

Pendekatan Lebih Dahulu Untuk Kondisi Yang Tepat

Mengetahui keadaan pasar saja tidaklah cukup, karena trader biasanya ingin melayani pendekatan mereka untuk kondisi spesifik itu. Misalnya, trader yang berfokus pada breakout kemungkinan tidak akan dapat menahan perjalanan sebanyak trader yang memilih pengaturan range / mean reversion.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Indeks Sentimen Ekonomi ZEW Jerman Meleset Dari Perkiraan

Laporan utama ZEW Jerman untuk bulan April menunjukkan bahwa Indeks Sentimen Ekonomi Jerman turun menjadi 70,7 versus jauh di bawah ekspektasi untuk kenaikan 79,0 dan di bawah laporan terakhir di angka 76,6.

Houthi Rudal Kilang Arab Saudi, Harga Minyak Naik

JAVAFX - Harga minyak naik tipis pada perdagangan hari Selasa (13/04/2021) pagi di sesi Asia di tengah ketegangan di Timur Tengah setelah kelompok Houthi...

Biden: Semua Orang Dewasa AS yang Memenuhi Syarat Mendapat Vaksinasi Mulai 19 April

Presiden Joe Biden, Selasa (6/4) mengumumkan bahwa setiap orang dewasa di AS mulai 19 April akan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi virus corona, sekitar...

Biden Tunjuk Pengkritik Trump untuk Dua Pos Penting Imigrasi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Senin (12/4) menunjuk dua kritikus kebijakan imigrasi mantan presiden Donald Trump untuk posisi kunci kontrol perbatasan dan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502