Tak Berpihak Pada Emas, Pernyataan Fed Topang dolar, Dan Yield Obligasi

Harga emas harus merosot ke level terendahnya dalam  sembilan bulan pada perdagangan sesi Jumat dan menuju penurunan mingguan ketiga berturut-turut. Penurunan ini ditengarai oleh pandangan The Fed, Jerome Powell, yang mengecewakan pasar tentang kenaikan yield Obligasi. Sebuah pandangan yang membuat dolar dan obligasi menguat.

Emas spot turun 0,2% diperdagangan di harga $1.693,79 per ons. Sebelumnya emas spot sempat turun ke level terendah sejak 8 Juni di $1.688.96. Sepanjang pekan ini, spot gold telah mengalami penurunan 2,3%. Sementara emas berjangka AS turun 0,6% diperdagangkan di harga $1.691,20.

Powell pada hari Kamis mengulangi janjinya untuk menjaga kredit tetap longgar. Namun dia mengatakan meskipun kenaikan imbal hasil “penting”, dia tidak menganggapnya sebagai langkah “tidak teratur”. Yield 10-tahun obligasi AS mencapai 1,5%, sementara dolar melonjak ke level tertinggi tiga bulan. Dengan lebih tinggi yield akan meningkatkan biaya oportuniti kepemilikan logam mulia tersebut, yang tidak membayar bunga.

Sementara itu, laporan klaim pengangguran AS naik minggu lalu setelah badai musim dingin yang brutal pada pertengahan Februari.

Jumlah emas yang dipegang oleh dana yang diperdagangkan di bursa turun 84,7 ton, kata Dewan Emas Dunia (WGC). Jumlah tersebut setara dengan nilai $4,6 miliar pada Februari. CME Group Inc menurunkan margin untuk kontrak Berjangka Emas COMEX 100 sebesar 9,1%. Kepemilikan dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust turun 0,4% pada hari Kamis.

Pada perdagangan logam lainnya, Perak naik 0,2% di harga $25,35 per ons. Sepanjang pekan ini Perak mengalami penurunan turun 5%, terburuk sejak akhir November. Palladium naik 0,2% di harga $2.343,55. Platinum turun 1,2% di harga $1.113,02.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Houthi Rudal Kilang Arab Saudi, Harga Minyak Naik

JAVAFX - Harga minyak naik tipis pada perdagangan hari Selasa (13/04/2021) pagi di sesi Asia di tengah ketegangan di Timur Tengah setelah kelompok Houthi...

AS minta penggunaan vaksin COVID Johnson & Johnson dihentikan

Badan kesehatan federal Amerika Serikat pada Selasa meminta agar penggunaan vaksin COVID-19 dosis tunggal Johnson & Johnson dihentikan setelah enam penerima vaksin mengalami kelainan...

Retail Sales AS Di Prediksi Naik, Dolar indeks Di Prediksi Koreksi Naik

Retail Sales AS di prediksi akan naik dari -3% ke 5.8% dan data Core Retail Sales di prediksi akan naik dari -2.7% ke 5.1%....

Sampaikan Pesan Ramadan, Biden Kutip Surat An Nur

Presiden Amerika Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden Senin sore (12/4) menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah bulan suci Ramadan kepada seluruh komunitas Muslim...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502